3 Cara Mudah Membuat Slime dari Bahan di Sekitar Kita (Murah dan Gak Ribet)

Cara ย mudah membuat slime bisa dicoba bersama si kecil di rumah. Slime merupakan cairan yang kental dan secara fisik agak menjijikkan. Tapi entahlah, mayoritas anak-anak menyukainya. Apalagi pada momen-momen bahagia seperti ulang tahun, ketika slime diguyurkan dan mengenai wajah dan baju mereka, acara pun semakin โ€œpecahโ€ dengan kebahagiaan si kecil. Apakah bermain slime harus menunggu momen bahagia yang datangnya setahun sekali itu? Tentu tidak! Buah hati akan sangat bahagia saat bisa bermain dengan teman-temannya menggunakan slime, saling lempar, saling guyur, apalagi dengan warna slime yang colorful.

Ciptakan kebahagiaan si kecil setiap hari dengan membuat slime di rumah dari bahan-bahan yang alami dan ramah lingkungan. Anak-anak terhindar dari bahaya bahan kimia, dan Anda pun rela membiarkan mereka bermain sepuasnya tanpa khawatir adanya bahaya dari bahan ย mainan ini. Yuk, praktikkan cara mudah membuat slime dari bahan yang kita peroleh sehari-hari berikut ini!

1. Slime dari tepung kanji

Ibu-ibu di rumah pasti sering bersinggungan dengan apa itu tepung kanji bukan? Tepung ini bahan dasarnya adalah ketela pohon yang bisa didapatkan dengan harga murah meriah, aman dan mudah diperoleh. Caranya, siapkan 2 gelas tepung kanji, 2 gelas air, setengah gelas minyak goreng, dan pewarna makanan lebih kurang 3 sendok makan. Setelah semua bahan yang ย mudah didapatkan itu siap, silahkan ikuti langkah pembuatannya berikut ini;

  • Siapkan wadah dengan ukuran sedang. Selanjutnya masukkan tepung kanji ke dalamnya, ratakan lalu perlahan tambahkan air sambil terus diaduk agar teksturnya rata dan tidak menggumpal. Setelah adonan menyatu tambahkan minyak sedikit demi sedikit.
  • Setelah itu, cek kekentalan dan tekstur adonan. Jika kurang cair bisa ditambahkan sedikit minyak dan air
  • Langkah terakhir adalah dengan memberikan pewarna makanan. pastikan pewarna makanan tersebut merata warnanya. Setelah beres, masukkan ke dalam plastik dan ikat kencang-kencang. A

Bahan-bahannya mudah di dapat, bukan? Dan caranya pun tentu mudah dipraktikkan. Siapkan slime dari tepung kanji untuk bermain si kecil.

2. Membuat slime dari sabun

Cara mudah membuat slime yang kedua adalah dengan bahan dasar sabun. Sabun yang dimaksud bukan hanya spesifik sabun mandi saja, tetapi bisa juga sabun pencuci piring maupun deterjen yang bisa mengeluarkan busa. Bahan-bahan yang digunakan adalah air sebanyak 1 gelas setengah, tepung terigu sesuai dengan kebutuhan, siapkan 3 sendok teh cairan cuci piring dan 3 sendok teh sabun cair khusus anak, dan yang terakhir adalah pewarna makanan sebanyak 3 sendok teh.

Langkah pembuatan;

  • Siapkan wadah sedang dengan penutup rapat di atasnya
  • masukkan bahan-bahan dasar seperti sabun cair, sabun pencuci piring, dan detergen, aduk bahan-bahan tersebut sampai merata dan pastikan tidak ada yang menggumpal.
  • setelah itu, perlahan tambahkan air sambil tetap diaduk agar teksturnya bagus
  • tambahkan pewarna dan aduk sampai merata.
  • setelah tahapan di atas selesai, masukkan ke dalam lemari es selama 15 menit. Dinginkan, dan slime siap digunakan.

3. Slime dari bahan susu cair

Cara mudah membuat slime yang aman dan bisa dimakan adalah dengan bahan dasar susu cair. Rerata anak kecil suka susu cair pastinya. Nah, slime dengan bahan susu cair aman dimainkan dan juga dikonsumsi. Apa saja bahannya? Siapkan susu cair sekotak atau bisa juga susu kental manis yang ditambah dengan air secukupnya. Siapkan tepung maizena secukupnya untuk memberikan tekstur kental,

bubuk vanili sesuai dengan kebutuhan dan pewarna sebanyak 3 sendok makan.

Langkah pembuatannya adalah;

  • – siapkan panci berukuran sedang, lalu masukkan susu cair ke dalamnya, didihkan. Tujuannya adalah agar bakteri yang ada pada susu tersebut mati sebab kemungkinan besar slime ini akan dimakan. Aduk-aduk terus, tambahkan vanilli hingga harum dan perlahan tambahkan tepung maizena ke dalamnya. Cek kekentalannya, jika masih kurang bisa tambahkan tepung maizena secukupnya.
  • -Setelah didapati kekentalan adonan sesuai selera, dinginkan lalu masukkan pewarna ke dalamnya hingga merata. Kemas dalam wadah yang tertutup dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Slime siap dimainkan sekaligus dimakan.

Mudah bukan? Silahkan bagi kamu yang mau buat slime ini di rumah. selamat mencoba! ^^