Olahraga mengecilkan perut – memiliki perut buncit dan lemak yang menggelambir kemana mana tentu saja sangat mengganggu rutinitas kita, karena seringkali hal tersebut membuat kita minder dan tidak percaya diri. Selain itu, lemak yang tertimbun di perut merupakan jenis lemak visceral yaitu lemak yang secara biologis sangat aktif dan membentuk hormone dan berbagai zat kimia yang berpotensi mengganggu metabolism, gangguan hormonal dan sebagainya. Oleh karena itu orang yang memiliki perut buncit cenderung mudah lelah dan capek karena lemak yang ada di perut tidak berfungsi sebagai cadangan energi.

Cara paling mudah untuk mengatasi perut buncit adalah dengan olahraga yang teratur, tetapi banyak dari kita tidak melakukannya karena keterbatasan waktu. Bekerja dari pagi hingga malam mana sempat meluangkan waktu untuk berolahraga. Sabtu minggu pun terlalu berharga untuk dipakai berolahraga kita lebih memilih untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Lalu, Benarkah olahraga membutuhkan banyak waktu?

Ternyata beberapa olahraga ringan sekitar 10-15 menit sehari sudah cukup bagi kita untuk menghilangkan perut buncit. Berikut 9 tips teknik geraka olahraga yang bisa anda lakukan untuk menghalau perut buncit;

  1. Sit Up setelah bangun tidur

Gerakan sit up terfokus pada otot – otot bagian perut. Jika dilakukan dengan benar sit up sangat efektif dalam menghilangkan perut buncit dan bahkan membentuk otot perut menjadi sixpack. Gerakan sit up yang benar yaitu dilakukan dengan posisi terlentang dan kaki di tekuk serta kedua tangan berada di samping kepala. Lakukan variasi gerakan sit up seperti serong ke kanan atau kiri untuk emembentuk otot perut bagian samping.

Saat kamu melakukan gerakan sit-up otot perut bagian depan dan samping akan tertarik dan lambat laun mengikis lapisan lemak yang ada di perut. Lakukan selama 15 menit setiap pagi atau lakukan dengan 3 set dan berikan jeda setiap 5 menit.

  1. Push up selain membentuk otot lengan juga dapat mengecilkan perut.

Push up merupakan gerakan olahraga yang sederhana dan bahkan kamu tidak memerlukan peralatan apapun. Namun jika kamu mempunyai matras akan lebih baik untuk menghindari cedera. Seperti dilansir Journal Obesity gerakan push up dapat memacu peningkatan hormone testosterone dan membantu meratakan perut. Penimbunan lemak viscelar atau yang menempel di perut sangat terkait dengan kekurangan hormone testosterone.

Lakukan gerakan push up dengan benar yaitu mengangkat seluruh anggota badan bukan hanya bagian perut. Kamu bisa mulai dengan melakukan push up selama 2 set masing masing 15 kali dan berikan jeda antar set. Lakukan secara rutin dan kamu bisa meningkatkan jumlah gerakan push up secara perlahan sesuai kemampuan.

  1. Gerakan merangkak dan menyeret ini juga bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut.

Gerakan ini sangat familiar di daerah tiongkok. Gerakan merangkak bertumpu pada kedua tangan sementara kedua kaki diseret layaknya seekor buaya menyeret kakinya. Gerakan ini melibatkan hampir seluruh otot tubuh untuk menjaga keseimbangan dan membakar kalori lebih banyak terutama di bagian perut. Tidak hanya membakar kalori saja gerakan ini juga melatih jantung kita dan kekuatan tubuh sehingga efeknya akan terasa ke seluruh tubuh.

Lakukan di area yang memungkinkan kamu bergerak antara 9-20 meter. Letakkan kedua kaki diatas piring plastik fungsinya agar kaki mudah diseret karena dalam gerakan ini tenaga bertumpu di kedua tangan. Kamu juga bisa gunakan kaos kaki sebagai alternative. Selanjutnya posisikan tubuh seperti push up dan berjalanlah dengan menggunakan kedua tangan sejauh 8-20 meter dan kembali, lakukan istirahat atau jeda sebelum kamu melakukannya lagi. Kamu bisa melakukan ini di pagi hari sebelum kamu mandi sehingga tidak banyak menghabiskan waktumu.

BACA JUGA: IKUTI Cara Mudah Mengecilkan Perut Ini, Agar Tampil Lebih Percaya Diri

  1. Side Plank bisa kamu lakukan 5 – 10 menit sebelum tidur untuk melatih otot perut.

Berikut cara melakukan gerakan side plank, kamu bisa mulai dengan berbaring dan tempatkan siku lengan sebagai tumpuan, rapatkan kedua kaki lalu secara perlahan angkat pinggul dan pinggang ke samping. Jadikan salah satu siku sebagai penopang upayakan seluruh tubuhmu berada pada posisi lurus diagonal dari kepala hingga kaki.

Tahan posisi selama 30 – 60 detik dan lakukan pada sisi berikutnya kamu bisa melakukan ini selama 5 – 10 menit sebelum tidur sesuai kemampuan. Posisi ini akan membuat otot initi perut menjadi terlatih dan mengurangi lemak di perut.

  1. Berkeringat dengan Jogging

Jogging merupakan jenis olahraga paling murah dan sederhana. Kamu bisa memilih berkeliling lingkungan rumah dengan berjogging, selain bermanfaat untuk tubuh hal ini juga bisa jadi ajang silaturahmi dan mengenal tetangga. Selain badan yang sehat, kamu juga bisa dapat pikiran yang fresh dan jiwa yang tenang yang merupakan kunci terbebas dari berbagai penyakit.

Agar jogging kamu makin fun coba ajak istri atau teman kamu untuk jogging bersama. Jika kamu tinggal sendiri kamu bisa memilih tempat yang ramai seperti lapangan olahraga untuk jogging, selain itu melihat banyak orang berolahraga bersama akan memotivasimu untuk ikut berolahraga.

Selain beberapa gerakan olahraga di atas kamu juga bisa menggunakan alat alat sederhana untuk menghempaskan perut buncit yang kamu punya. Berikut olahraga mengecilkan perut yang mudah dilakukan menggunakan lat bantu;

  1. Hula Hoop

Kamu bisa melakukan hula hoop sambil mendengarkan lagu atau bergoyang. Gerakan bergoyang dan memutar pinggul dengan hula hoop berfokus pada otot otot bagian perut sehingga berfungsi untuk membakar lemak visceral yang menempel di perut. Gerakan ini bisa membakar hingga 100 kalori dalam 10 menit.

Jika kamu belum bisa menggunakan hula hoop tak perlu menyerah, hanya butuh latihan yang cukup hingga kamu mahir dan dengan mudah melakukan goyang hula hoop dan tanpa kamu sadari perut kamu sudah terbentuk dengan cantik dan tidak buncit lagi.

  1. skipping atau lompat tali

Alat ini mudah didapat di toko olahraga dan murah. Kamu yang lahir era 90-an pasti tidak asing dengan masa kecil bermain lompat tali. Selain mudah kegiatan lompat tali ini juga dapat membantu membakar kalori dan mengecilkan perut kamu. Selain itu olahraga ini juga biasa digunakan untuk orang yang ingin menambah tinggi badan.

Lakukan olahraga ini rutin dan kamu juga bisa melakukan sambil mendengarkan music atau menonton TV agar lebih menyenangkan, tetapi usahakan lakukan di tempat atau ruangan yang cukup luas.

  1. Bersepeda ke kantor

Jika kantor kamu tidak jauh dari rumah kamu bisa bersepeda saat berangkat kerja. Agar lebih bersemangat kamu bisa gabung dalam komunitas sepeda atau Komunitas bike To Work saat ini sudah sangat familiar dan ramai terutama di kota kota besar. Dengan berangkat rutin ke kantor menggunakan sepeda secara perlahan perut kamu kembali rata dan stamina kamu juga meningkat. Kamu gak akan lagi mudah letih atau lesu di kantor

Sekian 8 tips olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang bisa kami bagikan. Ingat selain berolahraga kamu juga harus mempunyai pola makan yang sehat. Bila ada yang ingin berbagi pengalaman silahkan langsung saja tulis di kolom komentar bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Diolah dari berbagai sumber.