Halo, tahukah bunda kalo si Kecil sudah mulai bisa dikenalkan kemandirian sejak usia dini, lho. Salah satunya mengajarkan si kecil untuk buang air kecil atau pup sendiri atau biasa kita namakan potty training. Berdasarkan fase tumbuh kembang balita, anak usia 18 bulan hingga 3 tahun sudah bisa memberitahu ayah dan bunda saat dia ingin pipis atau pup.

Tentu saja proses mengajarkan potty training pada si kecil bukanlah sesuatu yang mudah. Perlu ekstra bimbingan dan kesabaran orang tua dalam melatih si Kecil. Simak tips berikut yang bisa bunda terapkan agar lebih mudah melatih anak melalui potty training.

Perhatikan apakah si Kecil sudah siap

Meskipun dimulai sejak dini namun Proses potty training tetap butuh kesiapan si Kecil baik secara emosi, fisik, maupun psikologis. Lalu, apa tanda tanda bahwa si kecil sudah siap? Si kecil dikatakan siap jika ia sudah bisa duduk dengan tegak, popok atau celananya tetap kering selama 2 jam atau lebih, dan mampu membuka celana sendiri. Selain itu si kecil juga harus sudah bisa berkomunikasi dengan baik dan tahu perintah perintah sederhana.

Jangan melatih hal besar secara bersamaan

Seperti telah disampaikan sebelumnya, proses potty training butuh kesiapan emosi si Kecil. Apabila Bunda memulai potty training sebaiknya dihindari jika bersamaan dengan menyapih atau melatih ia tidur sendirian, si Kecil akan merasa kesulitan dan kewalahan karena wajib  mengalami 2 perubahan besar pada hidupnya bersamaan. Secara Fisiologis, Otot kandung kemih biasanya mulai mampu dikendalikan ketika anak berusia 18 bulan atau lebih. Bunda bisa memulai potty training saat si Kecil berusia 18 bulan atau beberapa bulan sebelum bunda siap menyapihnya di usia 2 tahun.

Menggunakan alat bantu training pants

Saat si kecil menggunakan popok, ia tetap anteng sesudah pipis karena urine terserap dan permukaan popok tetap keing. Jika bunda tidak mau melepas popok dengan alasan tidak ingin ia ngompol dimana mana, Bunda bisa memakaikan alat bantu training pants. Dengan celana ini, air kencing si kecil tidak akan berceceran tetapi ia tetap bisa merasakan sensasi basah dan dingin di permukaan training pants. Fungsinya yaitu membuat si Kecil tidak nyaman sehingga ia bisa belajar untuk tidak pipis di celana dan memberitahu orang tuanya jika ia ingin pipis.

[Alternatif] ganti popok dengan celana dalam yang dilapisi handuk

Harga training pants memang relatif mahal, apalagi diharuskan membeli pada jumlah banyak. Namun, Bunda bisa melakukan penghematan dengan mencari alternative lain. Mengganti popok dengan celana dalam yang dilapisi dengan handuk kecil. Bunda hanya perlu menjahitkan handuk mini yang telah dilipat ke bagian dalam celana dalam anak-anak.

Apabila si Kecil pipis, air seni nya akan terserap handuk dan tidak berceceran pada lantai. Namun fungsi harus tetap, membuat si kecil tidak nyaman jika pipis di celana sehingga ia akan meminta untuk pipis di kamar mandi.

Selain itu, Bunda bisa menyemangati si Kecil lewat kata kata misalkan dengan mengatakan anak hebat pipisnya sudah tidak di celana lagi, sudah bisa pipis di kamar mandi sendiri seperti ayah dan bunda.

Mengenalkan proses pipis dan pup di kamar mandi

Supaya si Kecil kelak terbiasa pipis & pup di kamar mandi, kenalkan ia dengan bagaimana rasanya ingin pipis dan coba bertanya padanya misal dengan pertanyaan “adek tadi minum banyak, apa gak pengen pipis?” lambat laun dia akan mengenal bagaimana rasanya ketika ingin pipis atau pup. Selain itu kenalkan juga ia dengan cara pipis di kamar mandi mulai dari membuka celana, duduk, hingga menyiram toilet dan membersihkan kemaluannya. Bunda juga mampu mengajarkan kepada si Kecil apa manfaat pipis & pup di kamar mandi bagi tumbuh kembangnya.

Jangan lupa mengajarkan si Kecil kebersihan dengan cuci tangan setelah pipis dan buang air besar. Beberapa hal yang patut dihindari adalah membuat kesan seolah kamar mandi adalah tempat yg kotor dan menakutkan ya, Bun. Karena hal ini bisa membuat si Kecil enggan belajar pipis & pup di kamar mandi.

Bacakan buku cerita atau nyanyian mengenai potty training

Beberapa anak menyukai buku cerita namun ada juga yang lebih menyukai musik, kenalkan ia dengan potty training melalui apa yang si kecil sukai. Saat ini banyak buku anak yg mengenalkan kemandirian lewat cerita yang sederhana dan mudah dicerna si Kecil. Banyak pula lho, buku tentang potty pembinaan yang mampu Bunda dan Ayah bacakan buat si Kecil agar ia lebih bersemangat. Gunakan juga kreativitas bunda dengan menggubah lirik lagu anak sesuai dengan tema yang ingin dikenalkan.

Gunakan pispot, potty seat, atau potty chair

Alat ini sifatnya opsional atau pilihan dan digunakan hanya untuk memudahkan dan meningkatkan ketertarikan si kecil pipis dan pup di kamar mandi. Saat ini sudah banyak dijual pispot & potty chair menggunakan aneka bentuk yang lucu. Demikian juga dengan potty seat, berbagai corak yang disukai si Kecil. Ajak si Kecil menentukan sendiri mana yang disukainya.

Membuat catatan frekuensi pipis dan pup si buah hati

Bunda harus rajin mengamati dan mencatat daur pipis dan pup si Kecil, hal ini dapat memudahkan bunda mengajaknya ke kamar mandi pada jam-jam tertentu dan dapat membiasakan si kecil dengan disiplin dan keteraturan.

Memberi dukungan dan kebanggaan

Jika si Kecil masih sesekali mengompol, bunda tidak perlu marah apalagi sampai menghukumnya. Ini karena potty training tidak hanya menantang bagi orang tua, melainkan juga bagi buah hati anda. Ia harus belajar merespons dan mengontrol otot tubuhnya agar berhasil.

Ajak semua anggota keluarga bekerja sama dengan memberi dukungan pada si Kecil dan menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif. Berikan si Kecil hadiah berupa pujian jika berhasil pipis dan pup di kamar mandi. Jika perlu, sekali waktu beri ia kejutan berupa mainan kesukaannya sebagai penyemangat. Bunda juga dapat menghias kamar mandi menggunakan stiker dinding lucu atau kartun favoritnya agar dia bersemangat dan tertarik untuk ke kamar mandi sendiri.

Pada intinya berikan anak anda support dan dukungan dalam menjalani fase baru pada proses tumbuh kembangnya.

Tips ini disarikan bebas dari artikel berbahasa inggris

starthealthystayhealthy.in/simple-and-effective-tips-potty-train-your-baby
starthealthystayhealthy.in/dos-and-donts-successful-potty-training
starthealthystayhealthy.in/complete-guide-potty-training-your-baby