Cara Pendaftaran SBMPTN 2018

Cara pendaftaran dan Info seputar SBMPTN 2018

Halo.. Buat kamu yang udah kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK tahun 2018 ini merupakan tahun yang bikin kamu deg degan. Kamu pasti akan mulai kebingungan kemana ya kamu akan melanjutkan kuliah dan kepikiran juga gimana ya kalo si gebetan pindah ke luar kota, eh… becanda.. yang terakhir ga usah dipikirin ya.

Cara Pendaftaran SBMPTN 2018

Kamu yang punya nilai pas-pasan atau gak berkesempatan ikut SNMPTN atau Seleksi penerimaaan melalui nilai aport pasti udah membidik SBMPTN sebagai cara paling pamungkas supaya kamu bisa keterima di Perguruan Tinggi favorit kamu. Duh, Pengen banget kan kuliah di UI, UGM, ITB atau IPB yang namanya udah kesohor. Pasti keren kan?, selain keren PTN Favorit biasanya memang punya kualitas system pendidikan yang lebih baik dibanding dengan perguruan tinggi yang lain. Kalo kamu raji berusaha dan berdoa pasti masa depanmu cerah secerah mentari pagi yang bersinar terang. eaaa…

Oke sekarang kita bahas SBMPTN Ya..

Apa itu SBMPTN?

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah kegiatan ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilakukan secara serentak di seluruh indonesia. Seleksi ini biasanya berbentuk ujian tertulis berupa butir butir soal pilihan ganda dengan kriteria penilaian tersendiri. Kriteria penilaian akan kita bahas nanti jadi lanjutkan membaca ya.

Penentuan Penerimaan Mahasiswa melalui SBMPTN ini berdasarkan peringkat atau ranking nilai hasil ujian seleksi secara nasional. Selain itu faktor jumlah kuota dari program studi atau jurusan juga sangat berpengaruh terhadap peluang diterimanya kamu melalui SBMPTN ini. Pelaksanaan SBMPTN ini diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan MEI seperti SBMPTN pada tahun 2016 dan 2017.

Pembukaan untuk SBMPTN tahun 2018 dan info selengkapnya kamu bisa memantaunya langsung melalui laman web resmi sbmptn di http://sbmptn.ac.id/

Apa aja sih persyaratan mengikuti SBMPTN?

Syarat-syarat mengikuti SBMPTN 2018:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2016, 2017, dan 2018. (berarti kamu yang lulus tahun 2015, 2014 dan tahun tahun sebelumnya udah gak bisa daftar ya)
  • Kamu harus menyiapkan biaya pendaftaran SBMPTN 2018 (Biaya Pendaftaran untuk tahun 2017 sebesar Rp. 200.000.-)

Gimana Cara Pendaftaran SBMPTN?

Tata cara pendaftaran SBMPTN secara umum terdiri dari 3 hal:

  • Pertama kamu harus melakukan pembayaran biaya pendaftaran untuk mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP), Personal Identification Number (PIN), dan Slip Pembayaran.
  • Melakukan pendaftaran di website http://pendaftaran.sbmptn.or.id menggunakan PIN dan KAP yang sudah kamu punya.
  • Mencetak kartu tanda peserta ujian.

Namun begitu, langkah-langkah diatas bisa jadi ga sama persis bagi kamu yang udah punya nomor KAP dari SNMPTN atau ikut beasiswa bidik misi. Detail tata caranya kamu pantau terus di laman SBMPTN yang resmi ya.